Sabtu, 24 Oktober 2009

Test CPNS Subulussalam : Permasalahan Calo dan Putra Daerah

Ratusan pendaftar CPNS, Senin (24/11), memadati Kantor Walikota Subulussalam. Mereka menyerahkan berkas surat lamaran menyusul dibukanya penerimaan pegawai di wilayah itu. Di sisi lain, disinyalir calo PNS yang mengaku bisa meluluskan peserta mulai memburu para pencari kerja.

Pantauan Serambi, kemarin, aktivitas di kantor walikota fokus menangani para pendaftar CPNS. Panitia membagi tempat pendaftaran disesuaikan formasi lowongan yang tersedia. Para pelamar bukan hanya berasal dari Subulussalam atau Aceh Singkil, tetapi dari Aceh Selatan, Abdya, Aceh Tenggara dan Gayo Lues, melamar. Malah sejumlah warga Sumatera Utara seperti, Dairi, Pakpak Bharat dan Tanah Karo adu nasib dan mengisi jatah 401 CPNS di Pemko Subulussalam. Sejumlah kalangan berharap, pelaksanaan tes CPNSD di daerah ini bisa berjalan secara baik tanpa unsur permainan.

Utamakan Putra Daerah

Proses rekruitmen CPNS saat ini mulai dikhawatirkan akan dimanfaatkan calo yang menyatakan sanggup meloloskan pelamar dengan syarat memberikan uang.

Seorang warga Subulussalam, Safran, mengatakan adiknya nyaris tertipu seorang calo yang mengiming-imingi dapat meluluskan menjadi PNS. Calo meyakinkan calon korban dan mengaku dekat dengan pejabat di Pemko Subulussalam. Demi kepentingan ini pelaku menyatakan siap memberikan nomor rekening khusus. Tapi, adiknya beruntung bisa menggagalkan upaya percaloan tersebut.

Perekrutan CPNS tanpa unsur KKN disuarakan anggota DPRA, H Muslim Ayub. Anggota dewan asal Subulussalam ini menilai, penerimaan CPNS rawan manipulasi, korupsi, pungli dan nepotisme. Malah, rumor yang berkembang bagi yang ingin lulus diminta uang yang berkisar antara Rp 60-100 juta perorang. Sinyalemen ini harus menjadi perhatian gubernur dan bila perlu pemeriksaan jawaban ujian dilakukan secara silang antar kabupaten dan kota. Begitupun kalau ada penyelenggara yang kedapatan menerima imbalan, maka oknum bersangkutan supaya diberhentikan secara tidak hormat.

Muslim Ayub menyarankan, dalam penerimaan CPNS, utamakan putra deaerah setempat. Alasannya selama ini CPNS luar daerah yang lulus baru dua tahun bertugas minta pindah ke lokasi lain. Upaya ini dilakukan melalui tangan koneksi dan kalau ini terus terjadi maka kapanpun kesinambungan PNS tidak pernah tercapai.

Kutipan : www.serambinews.com



0 komentar:

Posting Komentar

WELLCOME TO SUBULUSSALAM CITY NEWS- NAD SEMOGA DAPAT MENAMBAH WAWASAN ANDA TENTANG SUBULUSSALAM CITY

Mengenai Saya

Foto saya
Subulussalam, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia

Pengunjung Dari


counter

Curhat Di Bawah


ShoutMix chat widget

Hukum Cambuk Di Nanggroe Aceh

Apa Yang Menarik di Blog Ini?

Silahkan Gabung Yok Sobat!!

Template by Layout4all & Abdul Munir | blog Blogger Templates